Tempat Wisata Nganjuk


Kabupaten Nganjuk adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Nganjuk. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di selatan, serta Kabupaten Madiun di barat.

Nganjuk dahulunya bernama Anjuk Ladang yang dalam bahasa Jawa Kuna berarti Tanah Kemenangan. Dibangun pada tahun 859 Caka atau 937 Masehi. Pada masa penjajahan Belanda, kabupaten ini disebut sebagai Kabupaten Berbek dengan Nganjuk sebagai ibu kotanya. Selain itu Nganjuk juga dikenal dengan julukan Kota Angin.

Beberapa obyek wisata di Nganjuk adalah
· Air Terjun Sedudo, yang terletak di lereng Gunung Liman,
· Monumen Gerilya Jenderal Sudirman di Bajulan – Loceret dan Sawahan,
· Air terjun Roro Kuning di Bajulan,
· Candi Ngetos di Kecamatan Ngetos,
· Jurang gatuk adalah sebuah jurang yang merupakan perpaduan dari lereng yang menyempit dan ada aliran air yang jernih juga ada kolam yang alami berada disana di kecamatan pace, sengkolak di ds gondang,
· Candi Lor di desa Candirejo, Kecamatan Loceret yang dibangun oleh Mpu Sindok pada tahun 859 Caka atau 937 M sebagai Tugu Peringatan kemenangan atas peperangan melawan musuhnya dari Melayu. Di sini juga terdapat batu bertulis yang memuat sebutan (toponimi) yang sangat dekat sekali ucapannya dengan Nganjuk, yakni Anjuk Ladang. Candi Lor ini merupakan bukti sejarah tentang keberhasilan Mpu Sindok mengalahkan musuhnya, dan sekaligus menandai berdirinya Kota Nganjuk.
· POMOSDA adalah kependekan dari Pondok Modern Sumber Daya At Taqwa, sebuah lembaga pendidikan yang menggabungkan sistem kepondokan dan kurikulum nasional. POMOSDA terletak di Jl.Wachid Hasyim 312 Tanjunganom Nganjuk. Lembaga ini mempunyai jenjang pendidikan mulai dari SMP POMOSDA, SMA POMOSDA, dan STT POMOSDA. Agung Setiyo Wibowo, Bagus Magetan 2007 menamatkan pendidikannya di SMA POMOSDA pada tahun 2007.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel